THE FUTURE SKILLED – ACCOUNTANTS: KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS BUNDA MULIA (UBM) DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Stefanny Lucyana
  • Mutiara Sadihatmanta
  • Nathalia Veronika

Keywords:

Kesiapan Kerja, Keterampilan Intelektual, Keterampilan Interpersonal dan Komunikasi, Keterampilan Personal, Keterampilan Organizational, Job Readiness, Intellectual Skills, Interpersonal and Communication Skills, Personal Skills, Organizational Skills

Abstract

ABSTRAK

Society 5.0 merupakan era berbasis informasi dan berpusat pada manusia. Era ini memungkinkan data terakses hanya dalam genggaman tangan khususnya bidang akuntansi. Akuntansi akan terotomatisasi sehingga perannya dapat tergantikan robot. Maka dari itu, penting sebagai mahasiswa untuk memiliki kesiapan kerja agar dapat menjawab tantangan peran akuntansi di era society 5.0. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja society 5.0. Variabel yang digunakan yaitu kesiapan kerja yang difokuskan pada keterampilan profesional. Indikator yang digunakan untuk variabel ini diadopsi dari IAESB 2019. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan mengambil 100 responden dari mahasiswa program studi akuntansi Universitas Bunda Mulia angkatan 2017 hingga 2019. Adapun data penelitian yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner daring dan wawancara. Kemudian, data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa program studi akuntansi telah siap menghadapi dunia kerja society 5.0. Hal ini ditunjukkan melalui hasil persentase dengan tingkat kesiapan tertinggi adalah keterampilan interpersonal & komunikasi. Kedua adalah keterampilan organizational dan ketiga adalah keterampilan personal. Terakhir, keempat adalah keterampilan intelektual. Dengan demikian, untuk keterampilan personal dan intelektual masih perlu ditingkatkan melalui pengembangan yang terintegrasi dengan pekerjaan dan teknologi agar lebih optimal.

Kata kunci: Kesiapan Kerja, Keterampilan Intelektual, Keterampilan Interpersonal dan Komunikasi, Keterampilan Personal, Keterampilan Organizational.

 

ABSTRACT

Society 5.0 is an information-based and human-centered era. This era allows data to be accessed only in hand, especially in the accounting field. Accounting will be automated so that robots can replace their roles. Therefore, as a student, it is important to have work readiness that can answer the accounting role challenges in the era of society 5.0. This study aims to determine the level of student readiness in facing the workforce of the society 5.0. The variable used is work readiness which focuses on professional skills. The indicator used for this variable adopt IAESB 2019. This study uses a mixed methods by taking 100 respondents from accounting program students of Bunda Mulia University class 2017 to 2019. The research data used are primary data collected by distributing online questionnaires and interviews. Then, the data were analyzed by descriptive statistics. The result shows that students of the accounting program were ready to face the society 5.0 workforce. It indicates the percentage results with the highest level of readiness is interpersonal & communication skills. The second is organizational skills then the third is personal skills. Lastly, the fourth is intellectual skills. Thus, personal and intellectual skills still need to be improved through development that is integrated with the workforce and technology to make it more optimal.

Keywords: Job Readiness, Intellectual Skills, Interpersonal and Communication Skills, Personal Skills, Organizational Skills.

Downloads

Published

11-05-2022

How to Cite

Stefanny Lucyana, Mutiara Sadihatmanta, & Nathalia Veronika. (2022). THE FUTURE SKILLED – ACCOUNTANTS: KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS BUNDA MULIA (UBM) DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA ERA SOCIETY 5.0. Proceeding Accounting Skill Competition, 1(1), 91–115. Retrieved from https://prosidingakt.ukdw.ac.id/index.php/ASIC/article/view/13